PENGARUH KEFEKTIFAN TIM, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PRESEPTOR PADA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS DI SUMATERA UTARA

Nurhidayah, Rika Endah (2020) PENGARUH KEFEKTIFAN TIM, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PRESEPTOR PADA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS DI SUMATERA UTARA. Doctoral thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126113009 COVER.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126113009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126113009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126113009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126113009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126113009 TABLES.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126113009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126113009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126113009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126113009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126113009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview

Abstract

Program pendidikan profesi keperawatan di Indonesia terdiri dari dua yaitu tahap akademik mendapat gelar sarjana keperawatan (S.Kep) dan tahap profesi atau tahap pembelajaran klinik mendapat gelar Ners (Ns). Pengajar pada tahap pendidikan profesi disebut preseptor. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model kinerja preseptor pada program pendidikan Profesi Ners di Sumatera Utara. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling sebanyak 168 preseptor dengan rumus Slovin dari 289 preseptor yang berasal dari institusi pendidikan dan institusi pelayanan yang berada di Sumatera Utara. Model kinerja preseptor pendidikan profesi Ners di Sumatera Utara dibangun dari variabel eksogen yaitu keefektifan tim, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional dan kepuasan kerja serta variabel endogen kinerja preseptor. Instrumen dikembangkan berdasarkan teori dan telah dilakukan uji validitas serta uji reliabilitas sebelum instrumen digunakan. Berdasarkan hasil analisis terhadap 7 hipotesis yang diajukan, 2 hipotesis ditolak karena memberikan pengaruh langsung relatif yang sangat kecil atau tidak signifikan yaitu (1) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepuasan kerja 42 = 0,033 dan (2) pengaruh keefektifan tim terhadap kinerja 51 = 0,036. Hipotesis yang diterima adalah (1) pengaruh keefektifan tim terhadap kepuasan kerja 41 = 0,290; (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja 43 = 0,198; (3) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja 52 = 0,211; (4) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja 53 = 0,262 dan (5) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja 54 = 0,345. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk pengembangan teori manajemen khususnya pendidikan profesi dan menjadi masukan untuk bagian pendidikan dan pelatihan rumah sakit pendidikan dan pengelola program pendidikan profesi Ners di sumatera utara dalam memperbaiki kinerja preseptor. Agar kinerja meningkat terlebih dahulu harus meningkatkan kepuasan kerja preseptor. Selain itu disarankan untuk dilakukan pelatihan atau penyegaran yang berhubungan keefektifan tim dan komunikasi interpersonal bagi preseptor.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Rosmalanidn0002095909
Thesis advisorSiburian, Paningkatnidn0002045304
Call Number: 658.3 Nur p
Keywords: tim; komunikasi; emosi; kepuasan; kinerja dan preseptor
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40028

Actions (login required)

View Item View Item