PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN TEKS ULASAN DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGAR KABUPATEN SIMALUNGUN

UMMA, RIZQA JAUHIRATUL (2020) PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN TEKS ULASAN DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGAR KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian autentik memberikan kesempatan pada guru untuk mengetahui tingkatan perkembangan dalam diri siswa. Penilaian autentik dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sesuai dengan standar penilaian pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik pada pembelajaran teks ulasan untuk siswa XI SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun; mengkaji kualitas instrument penilaian autentik pada pembelajaran teks ulasan, dan menganalisis tingkat kemampuan siswa dalam menjawab soal teks ulasan. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Thiagarajan 4-D (four D models). Jenis data yang dikumpulkan dalam pengembangan ini adalah data deskriptif kuantitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui angket dengan skala penilaian 1 sampai dengan 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan instrumen penilaian autentik didasarkan penelitian dan pengumpulan informasi melalui tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), validasi materi dan evaluasi, revisi produk, penilaian dan saran guru bahasa serta siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga produk dikatakan berkualitas berdasarkan valid dan layak digunakan untuk pembelajaran; (2) Persentase rata-rata seluruh komponen dari hasil validasi ahli materi I dan II adalah 82,69%. Jumlah persentase rata-rata seluruh sub komponen oleh ahli evaluasi I dan II adalah 89%. Hasil respon guru terhadap instrumen penilaian autentik pada pembelajaran teks ulasan yang dikembangkan memiliki total presentase rata-rata 91,25%. Hasil respon siswa untuk instrumen penilaian memperoleh hasil persentase rata-rata dari keseluruhan uji lapangan terbatas adalah 92,71%. Disimpulkan bahwa seluruh hasil validasi dan penilaian berada pada kriteria “sangat baik”; dan (3) Efektivitas pada instrumen penilaian yang dikembangkan sebesar 80,97% dan efektivitas sebelum menggunakan instrumen penilaian sebesar 68,56%. Oleh karena itu, tingkat kemampuan siswa dalam menjawab soal teks ulasan meningkat setelah produk instrumen penilaian autentik pada pembelajaran teks ulasan diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada materi teks ulasan, siswa dapat termotivasi untuk terus berusaha memecahkan soal, sehingga mereka merasa tertantang untuk terus belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahmannidn0001106702
Thesis advisorPramuniati, Isdanidn0007126404
Call Number: 808.2 Umm p
Keywords: instrumen, pembelajaran, teks, ulasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40017

Actions (login required)

View Item View Item