PROFESIONALISME DAN KODE ETIK GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

Hasibuan, Rosmaini (2009) PROFESIONALISME DAN KODE ETIK GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 07 (02). pp. 50-59. ISSN 1693-1475

[img]
Preview
Text
Profesionalisme dan kode etik guru pendidikan jasmani dalam menghadapi era globalisasi .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembahasan tentang profesionalisasi pendidik yang mencakup profesi, etika, pengembangan profesi dan penyelenggaraan pendidikan memberi konsep pendidikan sebagai berikut. Kriteria profesi, kode etik, dan peranan pendidik lebih lengkap. Pengertian mendidik yang khas ialah membuat kesempatan dan menciptakan situasi yang kondusif agar anak-anak mau dan dapat belajar atas dorongan diri sendiri untuk mngembangkan bakat, pribadi dan potensi-potensi lainnya secara optimal dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Dengan pengertian ini, hanya pendidik profesionallah yang dapat melakukan pekerjaan mendidik. Perilaku mendidik yang perlu dikembangkan antara lain sebagai mitra peserta didik, disiplin permisif, berdialog dengan pikiran kritis, melakukan dialektika budaya lama dengan nilai-nilai budaya modern, memberikan kesempatan kreatif, berproduksi, dan berprilaku sehari-hari yang positif pada setiap peserta didik. Manajer pendidikan perlu profesional dalam bidangnya sebab manajemen pendidikan tidak sama dengan manajemen bisnis atau pemerintah. Manajemen pendidikan perlu banyak strategi, pendekatan, metode, dan kiat sebab bermuara pada keberhasilan perkembangan semua peserta didik.

Item Type: Article
Keywords: Profesionalisme; Kode Etik; Guru Pendidikan Jasmani
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Mar 2016 03:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item