ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019

Pratiwi, Putri Yulia (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1.NIM. 4153141044 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text
2.NIM. 4153141044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text
3.NIM. 4153141044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text
4.NIM. 4153141044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text
5.NIM. 4153141044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
9.NIM. 4153141044 BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text
13.NIM. 4153141044 BAB V.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text
14.NIM. 4153141044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada sub materi invertebrata di kelas X dari aspek kognitif, indikator pembelajaran, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas X MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 210 orang, dan sampel yang digunakan adalah seluruh populasi (sampel total). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar dan angket faktor kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada sub materi invertebrata dari yang tertinggi sampai yang terendah berdasarkan aspek kemampuan kognitif yaitu C6,C5,C4,C3,C1, dan C2 sebesar 70,31%, 63,8%, 61,23%, 61,11%, 42,1%, dan 41,11%. Persentase kesulitan belajar siswa pada sub materi invertebrata berdasarkan aspek indikator pembelajaran yaitu indikator 1 sebesar 61,2 % kategori sangat tinggi, indikator 2 sebesar 54,17% kategori sangat tinggi, indikator 3 sebesar 64% kategori sangat tinggi, indikator 4 sebesar 59,2 % kategori sangat tinggi, indikator 5 sebesar 49,8% kategori sangat tinggi, dan indikator 6 sebesar 57,74 % kategori sangat tinggi. Faktor penyebab kesulitan belajar yang paling berpengaruh adalah faktor internal yaitu minat dan psikiatik dengan kategori sangat berpengaruh terhadap kesulitan belajar, sedangkan faktor eksternal yaitu materi pelajaran, guru, dan sekolah dengan kategori berpengaruh terhadap kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAryeni, UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BIO 107
Keywords: Kesulitan belajar; Aspek kognitif; Invertebrata; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39988

Actions (login required)

View Item View Item