kelompok instructional outcome angket terdiri table adalah geografi student kemampuan wa untuk learning research reliabilita pascasarjana populasi memiliki dalam district higher ABSTRACT studi kela ABSTRAK pre menjadi mengetahui way pendidikan group negeri dan than data difference penggunaan penelitian quasi terdapat awal peta semester metode motivasi method experiment motivated terjangkau tinggi state teknik 919 berjumlah applied ftabel uji studying know design factorial significance university desain singkil digunakan teknologi analisi capability SEROJA ANAVA mid interaksi population test proved how 2012 prestasi reliability thesi jalur programme pertama cell globe lebih use junior achievement lainnya SMP 3rd analisa scheffe antar there geography seluruh tabel taught tesi result medan interaction siswa program all taraf begining total tahun yaitu MAYA grade diperoleh sampel bermotivasi ANOVA significant pembelajaran post faktorial antara ini media questionnaire map about dilakukan achievemet dua ajaran kecamatan dengan menggunakan second indicator signifikan 2011 count technique comprise rendah find eksperimen year among te universita objective sample terhadap hitung motivation graduated analysi kedua between devided hasil using compare ftable obtained UNIMED 2x2 variance level diterapkan used pengaruh dibagi pengukuran influence sel berprestasi pada diajarkan low school signifikansi orang 162 out yang consist perbedaan belajar dari ganjil bertujuan VIII high first