PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE DAN SDIT AL-HIJRAH 2 LAU DENDANG

Nurmalasari, Farida (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE DAN SDIT AL-HIJRAH 2 LAU DENDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809122031 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809122031 Judul.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809122031 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809122031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809122031 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809122031 Abstrak.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809122031 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809122031 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809122031 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809122031 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809122031 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809122031 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809122031 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809122031 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809122031 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 809122031 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809122031 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 809122031 Bab I.pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809122031 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 809122031 Bab V.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809122031 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 809122031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil Pembelajaran kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis Accelerated Learning dan hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Direct Intructional pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No 106162 Medan Estate dan SDIT Al-Hijrah 2 Lau Dendang Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dengan sebaran jumlah siswa 30 orang per kelas. Sampel penelitian ditetapkan 1 (satu) kelas sebagai kelas pembelajaran berbasis Accelerated Learning dan 1 (satu) kelas sebagai kelas sebagai kelas pembelajaran Direct Instructional. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar, sedangkan angket digunakan untuk melihat karakteristik motivasi berprestasi siswa. Uji normalitas dengan uji Liliefors, sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknis analisis ini adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan : (1) rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis Accelerated Learning (X ) ̅= 55,60 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Direct Intructional (X ) ̅= 51,90 dengan Fhitung = 6,56 > Ftabel = 4,02, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi tinggi (X ) ̅= 61,90 lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi rendah (X ) ̅= 45,85 dengan Fhitung = 70,47 > Ftabel = 4,02, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia dengan Fhitung = 4,88 > Ftabel = 4,02.Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik motivasi berprestasi tinggi maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran berbasis Accelerated Learning dan siswa dengan karakteristik motivasi berprestasi rendah, maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran Direct Instructional. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.24 Nur p
Keywords: Motivasi berprestasi; Accelerated learning; Direct instructional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 24 May 2016 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3997

Actions (login required)

View Item
View Item