tujuan masing instructional source outcome education bentuk tidak terbagi angket hasilnya 191 terdiri table adalah keyword student wa untuk learning research application ata artinya object dalam ABSTRACT area studi silitonga kela individual ABSTRAK aplikasi mengetahui ialah cristnawati resource termasuk score soal pengumpulan pendidikan negeri dan without department subjek effectivenes data difference assessment penelitian SMK terdapat oleh juga extensive material sebesar terbata experiment ttabel into good state students' bahwa teknik utilization rendahnya improvement improve uji product design other university desain permasalahan economy choice yohanna pilihan divided form dikembangkan ganda titung AP3 test produce included question also menghasilkan based dimana sebanyak mandiri sangat economic didapat tahapan tailed sebagai use achievement lainnya aim ahli mean objek salah analisa tanpa serta there sedangkan taught kategori ekonomi result pengembangan medan siswa meningkatkan program comparison usaha development tahun control yaitu multiple diperoleh sampel significant pembelajaran validation antara ini media questionnaire fakulta excellent baik subject coba perorangan menngunakan dibandingkan study respon effectively dilakukan dilaksanakan clas badan berarti collection AP determine measure kunci produk category dengan menggunakan akan second conducted signifikan each technique mengukur validasi one eksperimen nantinya te universita will peningkatan average sample very problem sumber perbandingan keefektifan then hitung independent penilaian kemudian materi analysi kedua between expert trial 10092 hasil skor using pemanfaatan berupa compare whatsapp limited kontrol obtained kata response faculty 7161141041 experimental entitie satu used 2020 rerata sign consisted 000 pada diajarkan low while developed lua purpose efektif jurusan orang yang stage busines perbedaan belajar NIM dari bertujuan not berdasarkan selisih