PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VIII MTSN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

ARPAN, MHD (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VIII MTSN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2162111004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2162111004 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2162111004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2162111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2162111004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2162111004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2162111004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2162111004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2162111004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2162111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2162111004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2162111004 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2162111004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2162111004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2162111004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2162111004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2162111004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2162111004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2162111004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2162111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII MTsN 2 Medan melalui model pembelajaran aktif quiz team. Penggunaan model pembelajaran aktif quiz team diharapkan mampu mempermudah siswa dalam mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi dan mampu meningkatkannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan mengidentifikasi informasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran aktif quiz team, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif quiz team terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan deskriptif dengan tipe tes awal-tipe tes akhir dengan kelompok tunggal (the one grup pre-test-post-test). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Medan dengan jumlah polulasi 444 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-4, dengan jumlah 30 siswa). Nilai rata-rata pre-test siswa 64,16, dengan kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditenmtukan sekolah yaitu 70, sedangkan rata-rata nilai post-test siswa sebesar 84,15. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berditribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung< Ltabel pada tahap signifikan, hasil ui normalitas pre-test adalah (0,1328<0,161), hasil uji normalitas data post-test (0,0877< 0,161). Hasil uji homogenitaskemampuan mengidentifikaasi informasi teks eksplanasi adalah Fhitung < Ftabel yakni 2,70<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 9,62 > 1,67, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif quiz team memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi siswa kelas VIII MTsN 2 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 IND 070
Uncontrolled Keywords: Teks Eksplanasi, Model Quiz Team
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 20 Jul 2020 16:38
Last Modified: 07 Aug 2020 16:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39921

Actions (login required)

View Item
View Item