Anjani, Farantika Elista (2019) ANALISIS KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA (BIOLOGI) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM 4153341014 COVER.pdf - Published Version Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM 4153341014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM 4153341014 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM 4153341014 PREFACE.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM 4153341014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
9. NIM 4153341014 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM 4153341014 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
14. NIM 4153341014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (144kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesesuaian kondisi sarana dan prasarana laboratorium IPA (Biologi) dengan Permendiknas No.24 Tahun 2007 di SMA Negeri 1 Binjai (2) pemanfaatan laboratorium IPA (Biologi) di SMA Negeri 1 Binjai (3) faktor penyebab kurangnya pemanfaatan laboratorium IPA (Biologi) di SMA Negeri 1 Binjai. Jenis Penelitian yang digunakan adalah survey explorative. Populasi sebagai objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 jurusan IPA berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel total dengan mengambil kelas XI IPA 6 sebanyak 40 peserta didik, kelas XI IPA 7 sebanyak 40 peserta didik, sehingga peserta didik yang menjadi sampel berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel untuk guru mata pelajaran biologi dilakukan secara total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi langsung, pembagian angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh fasilitas kelengkapan laboratorium sekolah tergolong sangat baik (88,41%), pemanfaatan Laboratorium di SMA Negeri 1 Binjai T.P 2018/2019 tergolong baik dengan persentase (72,66%) dan faktor utama yang ditemui dalam pemanfaatan laboratorium adalah kurangnya fasilitas praktikum biologi, kurangnya waktu bagi guru dalam mempersiapkan kegiatan praktikum biologi, kurangnya peran guru dalam pelaksanaan praktikum, ruangan yang tidak memadai untuk melakukan kegiatan praktikum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2019 BIO 131 | ||||||
Keywords: | Laboratorium; Manajemen; Kelengkapan fasilitas | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi | ||||||
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2020 07:13 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |