PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Johnson (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106122015 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106122015 Judul.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106122015 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106122015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106122015 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106122015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106122015 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106122015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106122015 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106122015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106122015 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106122015 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106122015 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106122015 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106122015 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106122015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106122015 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106122015 Bab I.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of 10.8106122015 Bab V.pdf]
Preview
Text
10.8106122015 Bab V.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 11.8106122015 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11.8106122015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi lima tahapan, yakni: perencanaan /desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi dan produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari tiga ahli materi pelajaran Matematika, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan tiga puluh delapan siswa untuk uji lapangan. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Matematika berada pada kualifikasi sangat baik (81,07%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (83,75%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi baik (69,37%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (83,63%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (85,37%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (90,42%). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX semester ganjil tahun ajaran 2012-2013 di 4 sekolah di Medan, yaitu SMP PKMI-2, SMP Hang Kesturi, SMP Sultan Iskandar Muda dan SMP Negeri 12. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 295 siswa yang terdiri dari 150 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran interaktif dan 145 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 6.08 (pada lampiran 8) dan pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk pembilang (150-1=149) dan dk penyebut (145-1=144) diperoleh ttabel = 1.31, sehingga thitung > ttabel. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 70.73% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks sebesar 60.32%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Joh p
Keywords: Pembelajaran matematika; Bangun ruang sisi lengkung; Media pembelajaran interaktif; Visual basic 6D; Smoothboard; Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 May 2016 17:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3986

Actions (login required)

View Item
View Item