mengelompokkan fcount aritonang people outcome homogenita 506 better terdiri table adalah descriptive student sebelumnya wa untuk learning research pascasarjana populasi get memiliki dalam academic 158 higher ABSTRACT gaya memperoleh teoriti studi tepat kela who empiri ABSTRAK mengetahui menunjukkan mahasiswa previou sampling pendidikan negeri dan theory than technology data hipotesi tipe penelitian quasi terdapat semester metode method more had introductory tinggi empirical state bahwa introduction finding influencing normalita 2013 berjumlah ftabel improve uji ffe mempengaruhi design factorial significance university desain dilanjutkan menyajikan odel inferensial digunakan followed teknologi analisi statistik ANAVA number interaksi population test 2012 statistical thesi jalur such showed mempunyai kuasi lebih TSTS achievement effect hypothesi scheffe type there 180 taught tesi aimed line result amounted performed medan interaction meningkatkan program taraf tahun pelajaran 817 sampel diajar educational homogeneity ANOVA significant pembelajaran post faktorial suggest antara ini indonesia consisting mendarissan normality baik pragmatic sche model study pengambilan dilakukan dilaksanakan clas random dua TST determine pragmati dengan menggunakan akan statistic conducted signifikan fcoung two fhitung pengantar eksperimen year universita will classify bisni inferential deskriptif terhadap precise methodist graduated analysi between trial hasil cooperative style using berupa ftable level kooperatif done experimental cluster used pengaruh pada diajarkan NHT theoretical present orang out yang busines belajar dari ganjil bertujuan