PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERNET PADA BERITA WACANA LISAN OLEH SISWA/I SMP NEGERI 2 TIMANG GAJAH TAHUN AJARAN 2012/2013

Suryana (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERNET PADA BERITA WACANA LISAN OLEH SISWA/I SMP NEGERI 2 TIMANG GAJAH TAHUN AJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106121007 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106121007 Judul.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106121007 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106121007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106121007 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106121007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106121007 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106121007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106121007 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106121007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106121007 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106121007 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106121007 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106121007 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106121007 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106121007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106121007 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106121007 Bab I.pdf - Published Version

Download (879kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106121007 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106121007 Bab V.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106121007 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106121007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran berita wacana lisan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi mata pelajaran berita wacana lisan, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan lima puluh delapan siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi mata pelajaran berita wacana lisan berada pada kualifikasi sangat baik (93.83%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (88.55%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis berada pada kualifikasi sangat baik (94.10%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91.43%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (93,63%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97.96%). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa semester ganjil kelas VII tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 58 siswa yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan multimedia interaktif dan 29 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media cetak dan audio sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media cetak dan audio. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,328 pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk 56 diperoleh ttabel = 1.67, sehingga thitung > ttabel, efektifitas penggunaan multimedia interaktif = 80.46%. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif sebesar 80,46% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media cetak dan audio sebesar 71.72%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Sur p
Uncontrolled Keywords: Internet; Audio; Teknologi pembelajaran; Bahasa Indonesia; Media cetak; Multimedia interaktif; Berita wacana lisan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 May 2016 10:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3979

Actions (login required)

View Item
View Item