EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2018/2019

Clarita, Tursina (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153121064 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153121064 COVER.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153121064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153121064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153121064 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153121064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153121064 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153121064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153121064 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153121064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153121064 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153121064 BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153121064 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153121064 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153121064 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153121064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 6 soal essay test yang telah divalidasi oleh 3 orang validator dan telah dilakukan uji validitas butir, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda.
Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest 22.57 dan nilai rata-rata posttest 78.75, Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 22.99 dan nilai rata-rata posttest 50.46. Pada uji t dua pihak memperoleh nilai thitung < ttabel yaitu 0.38 < 2.002 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian hasil uji t satu pihak memperoleh thitung > ttabel yaitu 10.54 > 1.671 sehingga Ha diterima, Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya efek yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 197
Keywords: Model pembelajaran; Scientific inquiry; Usaha; Energi; Pembelajaran konvensional; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:24
Last Modified: 10 Jul 2020 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39770

Actions (login required)

View Item
View Item