PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI FLUIDA DI SMA/MA

Ramadhani, Triwahyu (2019) PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI FLUIDA DI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151121071 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151121071 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151121071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151121071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151121071 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151121071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151121071 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151121071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151121071 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151121071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151121071 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151121071 BAB I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151121071 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151121071 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151121071 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151121071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun soal objektif tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada materi Fluida di SMA/MA yang memenuhi standar kualifikasi tes yang baik ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas distraktor (pengecoh). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Reasearch), dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik analisa data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi materi, konstruksi, dan bahasa, sedangkan analisis data kuantitatif meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas distraktor (pengecoh). Data diolah dengan menggunakan program Ms. Excel. Langkah penelitian yang digunakan adalah langkah penelitian menurut Borg and Gall (1989) dikutip dari Sugiyono (2018) yaitu studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan desain, uji lapangan terbatas, revisi hasil uji lapangan terbatas, uji lapangan lebih luas, revisi hasil uji lapangan lebih luas, setelah itu didapat instrumen tes objektif HOTS pada materi Fluida di SMA/MA yang memenuhi instrument tes yang baku. Hasil penelitian ditinjau dari analisis kualitatif, kualitas soal tes objektif HOTS pada materi Fluida di SMA/MA adalah Sangat Baik dengan persentase 98,7%. Ditinjau dari analisis kuantitatif, kualitas soal tes objektif HOTS pada materi Fluida di SMA/MA adalah Baik. Analisis dari 50 butir soal tes objektif HOTS pada materi Fluida diperoleh 20 butir soal diterima pada uji lapangan terbatas. Selanjutnya dilakukan revisi sebelum dibawa ke uji lapangan lebih luas. Dari analisis 50 butir soal tes objektif HOTS pada materi Fluida yang dilakukan pada uji lapangan lebih luas diperoleh: (1) 29 butir soal valid (58%) dan 21 butir tidak valid (42%). (2) soal memiliki reliabilitas tinggi yaitu 0,89. (3) Berdasarkan tingkat kesukaran, sebanyak 5 soal mudah (10%), 28 soal sedang (56%), dan 17 soal sukar (34%). (4) Berdasarkan daya pembeda, terdapat 19 soal termasuk kategori baik sekali (38%), 7 soal termasuk kategori baik (14%), 2 soal termasuk kategori cukup (4%), dan 22 soal termasuk kategori jelek (44%). (5) Berdasarkan kefektifan pengecoh, terdapat18 soal (36%) dalam kategori sangat baik, 15 soal (30%) baik, 11 soal (22%) cukup, dan 6 soal (12%) kurang baik. Sehingga diperoleh butir soal tes objektif HOTS yang berkualitas baik sebanyak 29 soal diterima (58%) dan 21 soal ditolak (42%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 119
Uncontrolled Keywords: Tes objektif; Tes subjektif; Fluida; Validitas; Reliabilitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:03
Last Modified: 10 Jul 2020 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39769

Actions (login required)

View Item
View Item