IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HORMON DI SMA NEGERI 13 MEDAN DAN SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Khairani, Sahfitri (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HORMON DI SMA NEGERI 13 MEDAN DAN SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4151141051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4151141051 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151141051 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151141051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151141051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151141051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151141051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151141051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151141051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151141051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151141051 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151141051 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151141051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151141051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151141051 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151141051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendekatan saintifik pada materi Hormon; (2) mengetahui tahapan belajar yang memiliki kendala dalam implementasi pendekatan saintifik; (3) mengetahui tingkat perbandingan implementasi pendekatan saintifik di sekolah SMA Negeri 13 Medan dan SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan angket siswa, dan tambahan berupa wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan pendekatan saintifik pada materi Hormon di SMA Negeri 13 Medan secara keseluruhan sebesar sebesar 65,2% dengan kategori Kurang. Tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan sebesar 49,0%, 66,1%, 68,7%, 66,7%, 64,1%. Hasil penerapan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Pantai Cermin pada materi Hormon sebesar 77,6% terlaksana dalam kategori cukup. Tahapan belajar pendekatan saintifik mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan sebesar 72,3%, 76,4%, 69%, 62,0%, 67,5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbandingan yang signifikan dalam penerapan pendekatan saintifik pada materi Hormon di SMA Negeri 13 Medan dan SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Kedua sekolah ini masih berada dalam kategori kurang dalam penerapan pendekatan saintifik pada Materi Hormon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 201
Keywords: Pendekatan saintifik; Hormon; Sistem endokrin; Kelenjar; Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Jul 2020 08:38
Last Modified: 06 Jul 2020 08:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39747

Actions (login required)

View Item
View Item