PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QURAN DI MTS NEGERI PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Nursopayanti (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QURAN DI MTS NEGERI PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 071188210011 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 071188210011 Judul.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 2. 071188210011 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 071188210011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of 3. 071188210011 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 071188210011 Abstrak.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 4. 071188210011 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 071188210011 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 5. 071188210011 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 071188210011 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 6. 071188210011 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 071188210011 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 7. 071188210011 Bab I.pdf]
Preview
Text
7. 071188210011 Bab I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 8. 071188210011 Bab V.pdf]
Preview
Text
8. 071188210011 Bab V.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 9. 071188210011 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
9. 071188210011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar membaca Al-Quran antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio dengan siswa yang diajar dengan media VCD. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar membaca Al-Quran antara siswa yang memiliki latar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan siswa yang memiliki latar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD). (3) Untuk mengetahui interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan latar belakang pendidikan siswa terhadap basil belajar membaca Al-Quran.Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Negeri Panyabungan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan factorial 2x2. Sampel penelitian sebanyak 84 orang terdiri dari 42 orang siswa kelas VII-1 dan 42 orang siswa kelas VII-3. Perlakuan yang diberikan adalah penggunaan media Audio pada kelompok dan media VCD pada kelompok lainnya. Data diperoleh dengan melakukan uji terhadap hasil belajar membaca Al-Quran pada materi tertentu setelah perlakuan pembelajaran diberikan. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis Varians (ANAVA) dengan taraf signifikan a = 0,05.Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar membaca Al-Quran antara siswa yang diajar dengan menggunakan media audio dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media VCD. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar membaca Al-Quran antara siswa yang memiliki latar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan siswa yang memiliki latar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD). (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan latar belakang pendidikan :terhadap hasil belajar membaca Al-Quran.Hasil penelitian ini memberi kesimpulan bahwa kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media audio dan memiliki latar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) memperoleh skor rata-rata 28,41 lebih baik dari pada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media VCD dan memiliki latar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD) memperoleh skor rata-rata 27,65. Selanjutnya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dan latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Nur p
Keywords: Membaca; Al-quran; Media audio; Media VCD; Latar belakang pendidikan; Pendidikan agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 May 2016 06:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3970

Actions (login required)

View Item
View Item