Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Koloid Kelas XI MAN Banda Aceh 1Tahun Pelajaran 2015/2016

Sari, Sri Adelila (2016) Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Koloid Kelas XI MAN Banda Aceh 1Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2 (4). pp. 115-124. ISSN 2621-6132

[img] Text
Text.pdf - Published Version

Download (946kB)
[img] Text
Similaritas.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Reviewers.pdf - Published Version

Download (598kB)
Official URL: http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan handout berbasis Guided Note Taking pada materi koloid kelas XI MAN Banda Aceh 1, (2) Mendeskripsikan tanggapan guru terhadap handout berbasis Guided Note Taking yang telah dikembangkan pada materi koloid kelas XI MAN Banda Aceh 1, dan (3) Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap handout berbasis Guided Note Taking yang telah dikembangkan pada materi koloid kelas XI MAN Banda Aceh 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau Research and Development dengan tahap (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (desain), (3) pengembangan (development), dan (4) penyebaran (dissiminate). Data penelitian yang diperoleh berupa handout berbasis Guided Note Taking, hasil tanggapan guru dan hasil tanggapan siswa terhadap handout yang dikembangkan pada materi koloid. Penelitian dilakukan di MAN Banda Aceh 1 dengan subjek penelitian 34 orang siswa-siswi kelas XI MIA 5. Handout yang dikembangkan memiliki kriteria penilaian dengan kategori sangat layak dengan persentase 85,41%. Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang berupa angket tanggapan. Hasil tanggapan positif oleh guru kimia mengenai handout berbasis Guided Note Taking dengan peroleh skor penilaian 98% sedangkan hasil tanggapan siswa mencapai angka 80,26%. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar siswa-siswi pada MAN Banda Aceh 1 memberikan tanggapan positif terhadap handout yang dikembangkan dengan persentase 80,26%. Sehingga perlu adanya pengembangan handout pada materi lain.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
EditorSuyanti, Retno Dwinidn0026016602
EditorPrasetyoko, DidikUNSPECIFIED
Keywords: handout; Guided Note Taking; colloids
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 30 Jun 2020 06:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39689

Actions (login required)

View Item View Item