PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP AL-WASLIYAH 8 MEDAN

Harahap, Roslina (2012) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP AL-WASLIYAH 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106172017 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106172017 Judul.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106172017 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106172017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106172017 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106172017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106172017 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106172017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106172017 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106172017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106172017 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106172017 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106172017 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106172017 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106172017 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106172017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106172017 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106172017 Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106172017 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106172017 Bab V.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106172017 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106172017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran kontekstual dan pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Al-washliyah 8 Medan, (2) Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran kontekstual dan kooperatif tipe STAD di SMP Al-Washliyah 8 Medan, (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi Matematis.Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Washliyah 8 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari enam kelas yang ada di sekolah tersebut. Kelas pertama kelas diberi perlakuan pembelajaran kontekstual dan kelas kedua diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematis, dan tes kemampuan koneksi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,81 dan 0,82 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi dan koneksi matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis multivariat (MANOVA). Hasil utama dari penelitian ini adalah secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran kontekstual lebih baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sedangkan untuk melihat interaksi digunakan uji ANOVA, hasil yang diperoleh tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi matematis.Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: (1) pembelajaran kontekstual pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. (2) Aktivitas siswa melalui pembelajaran kontekstual berkategori baik. Diharapkan guru matematika dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.24 Har p
Uncontrolled Keywords: Segitiga; Komunikasi matematis; Koneksi matematis; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran kooperatif STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 May 2016 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item
View Item