PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KOMPONEN MESIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK AR-RAHMAN TA 2019/2020

Siregar, Dalmi Iskandar Muda (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KOMPONEN MESIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK AR-RAHMAN TA 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM.5151122002 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM.5151122002 COVER.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM.5151122002 APPROVAL SHETT.pdf]
Preview
Text
02 NIM.5151122002 APPROVAL SHETT.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM.5151122002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM.5151122002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM.5151122002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM.5151122002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM.5151122002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM.5151122002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM.5151122002 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM.5151122002 TABLES.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM.5151122002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 NIM.5151122002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM.5151122002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 NIM.5151122002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM.5151122002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 NIM.5151122002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM.5151122002 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10 NIM.5151122002 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11 NIM.5151122002 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11 NIM.5151122002 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM.5151122002 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12 NIM.5151122002 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (950kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM.5151122002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM.5151122002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM.5151122002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM.5151122002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM.5151122002 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15 NIM.5151122002 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya ativitas dan hasil belajar Gambar Teknik Otomotif siswa kelas X TKR 1 SMK Ar-Rahman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ativitas dan hasil belajar Gambar Teknik Otomotif siswa, melalui penerapan Model Pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di SMK AR-Rahman Gaperta Ujung No 58 yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif dengan menggunakan model PBL. Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil ativitas belajar siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki ativitas belajar yang sangat aktif, 0 orang siswa masuk dalam kategori sangat aktif dengan persentase 0%, 9 siswa masuk dalam kategori aktif dengan persentase 30%, 16 orang siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase 53,33% dan 5 siswa masuk dalam kategori kurang aktif dengan presentase 16,67%. Terjadi kenaikan pada siklus II sebanyak 16 siswa masuk dalam kategori sangat aktif dengan persentase 53,33%, 10 siswa masuk dalam kategori aktif dengan persentase 33,33% , 4 siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase 13,33%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang aktif. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 19 siswa (63,33%) yang tuntas menjadi 25 siswa (83,33%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥75. Dari perolehan hasil belajar dan lembar observasi aktifitas belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran problem based learning Menggunakan Kompenen Mesin Sebagai Medi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif (GTO) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gambar teknik otomotif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 OTM 047
Keywords: Kreativitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:45
Last Modified: 01 Oct 2021 04:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39574

Actions (login required)

View Item
View Item