classe dibanding show terdiri adalah keyword student kemampuan wa untuk met learning research both persamaan populasi memiliki dalam mathematic approach ABSTRACT equation memperoleh itu studi kela who simple ABSTRAK pre mengetahui menunjukkan understanding melihat PBM suggested sampling semi group negeri dan than follow data after difference instrument guru penelitian matematik terdapat pola more kriti setelah mencermati students' bahwa received secara masalah 2013 ability improve uji variation peneliti know design melalui desain normalized digunakan berbasi selain statistik population test acak terdapatnya their variasi statistical collect based such kepada pemahaman lebih sebagai use menyarankan randomized gain salah mengumpulkan presence type there seluruh selected taught researcher variatif aimed pengolahan result jawaban siswa meningkatkan all merupakan control konvensional gebang grade sampel diajar sistem pembelajaran designed post SMA alternatif antara ini alternative conventional subject system study dilaksanakan improved varied clas random dua answer terpenuhi kunci dengan thinking menggunakan skill conducted mathematical two testing pengujian pendekatan eksperimen among te konvesional dipilih berbentuk peningkatan macam teacher problem instrumen terhadap moreover kedua tersebut persyaratan hasil pattern ternormalisasi using comprehension critical berupa kata processing experimental satu used berpikir randomly consisted bahasan jeni pada pokok mengikuti through linear school see paingin yang perbedaan looking kuantitatif dari bertujuan requirement high