PENGEMBANGAN MODUL SULAM PITA BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Ampera, Dina (2016) PENGEMBANGAN MODUL SULAM PITA BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Jurnal Teknologi lnformasi dan Komunikasi dalam Pendidika, 3 (2). pp. 213-224. ISSN 2407-7488; 2355-4983;

[thumbnail of PEER REVIEW.pdf] Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (1kB)

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk : Mengembangkan modul sulam pita berbasis kompetensi
pada mata pelajaran keterampilan kerajinan di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan sebagai media
pembelajaran keterampilan kerajinan di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini
merupakan Research and Development (R&D) dan menggunakan tahap pengembangan Borg and
Gall. Pengembangan modul sulam pita berbasis kompetensi dengan 7 langkah sebagai berikut : (1)
Analisis kebutuhan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) Uji coba
perorangan , (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Uji lapangan , (7) Produk akhir. Hasil penelitian
menunjukkan; (1) Validasi ahli materi pelajaran Keterampilan Kerajinan dalam kriteria sangat baik
(80,15%), (2) Validasi ahli media dalam kriteria sangat baik (95,14%), (3) Validasi ahli desain
dalam kriteria sangat baik (96,13%), (4) Uji coba perorangan dalam kriteria sangat baik (88,61%),
(5) Uji coba kelompok kecil dalam kriteria sangat baik (94,44%), (6) uji lapangan dalam kriteria
sangat baik (95,56%). Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran sulam pita layak
digunakan dalam pembelajaran keterampilan kerajinan siswa kelas VIII SMP

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Modul; Sulam pita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:07
Last Modified: 22 Jun 2020 07:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39555

Actions (login required)

View Item
View Item