PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019

Manihuruk, Elmalinda (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 4152121014 COVER_doc.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4152121014 COVER_doc.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4152121014 APPROVAL SHEET_docx.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4152121014 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4152121014 ABSTRACK_docx.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4152121014 ABSTRACK_docx.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 4152121014 PREFACE_docx.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 4152121014 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4152121014 TABEL OF CONTENT_docx.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4152121014 TABEL OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4152121014 CHAPTER I_docx.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4152121014 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4152121014 CHAPTER V_docx.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4152121014 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4152121014 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4152121014 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Laboratorium Virtual (PhET) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas ekperimen dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Laboratorium Virtual (PhET) dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice, dan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 39,84 dan nilai rata-rata kelas kontrol 36,36. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,866 ttabel = 1,998, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Laboratorium Virtual (PhET) pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 75,303 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 59,242. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 7,97 dan ttabel = 1,998. Karena thitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dari pertemuan I,II dan III dengan nilai rata-rata 60, 69,69 83,43.Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Laboratorium Virtual (PhET) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI SMA Negeri 7 Medan T,P 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 128
Keywords: Inquiry training; Laboratorium virtual; Gelombang bunyi; Intensitas bunyi; Telinga; Efek dopler; Fenomena dawai; Pipa organa; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:59
Last Modified: 22 Jun 2020 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39545

Actions (login required)

View Item
View Item