kelompok tujuan suku keberhasilan penjelasan sekarang menghargai sumatera ide dimainkan bentuk gonrang mengamati silabu tidak sosial keindahan proyektor sumatra menyikapi adalah tetapi kemampuan untuk ata khususnya ungkapan tortor terarah diambil individu konsep upaya pengertian berperan mencapai penyalur prose memiliki mengatasi dalam etni sejak diharapkan cerda bersama dihayati faham karya waktu memperoleh ketukan itu ruang teoriti senantiasa tepat tradisional kela mengungkapkan individual ekspresi kurang tortorsombah jiwa pertimbangan berasal ragam mengetahui menjadi diteliti menunjukkan penari ada menjelaskan mepelitian dijumpai sebutan memfokuskan wiraga melihat spiritual berfikir bintang foku 2014 dialami diatasi suryodiningrat pendidikan terlepa negeri mendapatkan dan inggit kesulitan dunia wadah mengacu dahulu sebaya maksud rakyat dituangkan berkaitan bergerak utara harapan angkola guru penelitian bahkan kompetensi kemasyarakat awal didapatkan namun oleh telah metode juga menyeluruh rasa disusun benar setiap menurut agung disebut latar peserta gendang batak bagaimana sombahpada membatasi setelah suasana merangsang pendidik maupun terlalu bahwa teknik potensi cita apresiatif bahasa PRB diantaranya seperti secara ketika masalah manfaat rendahnya beda masyarakat simlaungun berhasil solidaria madrasah peneliti hubungan dihadapi manusia dapat informasi dipertunjukkan melalui dibaha semangat tamu kelak permasalahan memudahkan haru menyajikan tertarik membentuk digunakan luasnya selain mengingat seseorang asahan satunya para temurun lain yakni seorang praktek diata penghayatan sejauh tentang zaman jadi wawasan agar kita pengetahuan lingkup penerapan puak remaja dimana bagian membuat pasif mengurutkan musim sehingganya seni kepada tersampainya asli slanjutnya ditarikan memahami perlu takut pembatasan mempunyai dilatarbelkangi lebih raya rupa sebagai rondang lainnya pihak penyajian cara provinsi saat tarian karo irama gual raja kehidupan salah tanpa nilai belakang sudah merasa masukan serta pecahan tutor menengah pemilihan dalm mengandung sedangkan dirumuskan lisan pemlajaran enggan tenaga seluruh memperhatikan menyelesaikan letaknya panen kegiatan adapun toba kebudayaan akhir sendiri pengembangan kesenian siswa meningkatkan uraian terkandung bahan memilih merupakan disimpulkan pelajaran dikarenakan yaitu adat syukur menerapkan keseluruhan sistem sejumlah sombah pembelajaran BAB persaudaraan dimiliki dasar bisa mengembangkan berbeda sebagian antara ini pengalaman mereka dipukul biasa bagi diwajibkan baik wirama hal identifikasi model melakukan drama mandailing mewadahi dilakukan lima sesuai makna sebuah tubuh aktif budaya penortor berarti malusehingga pesta bantu peneltian kebudyaan budayanya musik dengan menggunakan sarana akan kalimat sifat pendapat diantara selesai menari menentukan mata terbentuknya kepentingan gerak suka pendekatan prosedur gerakan aliah nantinya penuli penikmat kedudukan dikabupaten ekspresimanusia prinsip peningkatan macam teater upacara wirasa sumber melaksanakan kurikulum diagungkan kriteria situasi perbatasan tari pengamat materi menyebabkan diturunkan besar tersebut judul selanjutnya rumusan persembahan ataupun dalammeningkatkan kondisi didalamnya berbagai dukacita hasil MAN pesan selara menyesuaikan maka tertentu sehingga sekolah 2017 bermacam penting kabupaten cakupan empatcabang duka istarani didik sswa diterapkan hitungan turun berfungsi kreativita memeragakan bertanya satu tulisan mengajar simalungun mampu sehubungan acuan dana hingga pada temannya bekerjasama tor diajarkan diidentifikasikan terbatasnya dulu alat menambah tempo lua efektif keterbatasan komunikasi batasan dipelajari menyambut atau penerapanmetode yang permaslahan sering beberapa masih mencontohkan perbedaan hanya belajar kebersamaan demonstrasi prasarana dari berdampak aktivita PENDAHULUAN tercapainya ditarik leluhurnya melambangkan pakpak mengadakan umumnya berdasarkan dasarnya