tujuan appropriate better tidak terdiri adalah penyelesaian descriptive student kemampuan untuk learning research application hypothese khususnya pascasarjana populasi third prose dalam approach higher key ABSTRACT memperoleh tepat kela who topic ABSTRAK IRYANA menjadi mengetahui pendekaan way categorized topik kiranya komplek lagi potensial melanjutkan SMPN negeri dan than order GAIN data hipotesi saran instrument terperinci guru penelitian quasi matematik communication kompetensi terdapat awal oleh pontential metode more iii bagaimana beragam tinggi into good attitude next value secara masalah memenuhi some positif ability improve uji positive accurate reseacher peneliti ordinary know dapat melalui competence guna menyajikan inferensial digunakan veriety strategi analisi 864 early statistik ANAVA demikian thu tentang penemuan interaksi population test acak how scale interpretation 2012 lhokseumawe improving agar especially penerapan based thesi berkategori sebanyak extracted jalur unit apply sangat kepada pertama complex achieve math lebih continue use junior SMP aim suggestion gain nilai serta menengah there contextual taught tesi settlement word city result detail medan interaction siswa meningkatkan program taraf yaitu diperoleh sampel ketiga ANOVA significant pembelajaran they arah antara ini biasa baik dibandingkan pengambilan dilakukan sesuai pengambilannya clas methode random kontekstual dua kunci dengan menggunakan akan second skill statistic aplication signifikan mathematical two berakreditasi pendekatan rendah find eksperimen possitive te will peningkatan teacher sample very problem inferential deskriptif terhadap instrumen 724 proces analysi kedua selanjutnya between proses kota berbagai hasil sikap keempat fourth berupa sekolah kata UNIMED dihasilkan level diterapkan experimental matematika areable used base hypotese 0005 skala disarankan jeni pada MUHAMMAD diajarkan low through school strategy present komunikasi yang consist beberapa solving dari postgraduate bertujuan sin invention berdasarkan high first