PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS

Safitri, Devi (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151121015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151121015 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151121015 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151121015 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151121015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151121015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151121015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151121015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151121015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151121015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151121015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151121015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151121015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151121015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151121015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi pokok fluida dinamis yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 MA Swasta Madinatussalam yang berjumlah 38 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket analisis ujung depan, peserta didik, dan tugas; lembar validasi ahli materi dan pembelajaran; lembar penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 96,89% , ahli pembelajaran 89,58%, penilaian guru fisika sebesar 94,8% dengan masing-masing persentase tersebut termasuk dalam kriteria sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba terbatas 88,22% termasuk dalam kriteria sangat baik, dan hasil uji coba LKPD diperoleh persentase sebesar 79,7% dalam kriteria baik. Sedangkan pada uji coba luas persentase respon peserta didik sebesar 90,75% dengan kriteria sangat baik, dan hasil uji coba LKPD dipereloh presentase sebesar 79,24% dengan kriteria baik, serta nilai rata-rata siswa pada tugas mandiri sebesar 79,3 termasuk dalam kriteria tuntas, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik, LKPD fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi pokok fluida dinamis layak digunakan dalam proses pembelajaran Fluida Dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 123
Uncontrolled Keywords: Fluida dinamis; Inkuiri terbimbing; Media simulasi; Physics education tecnology; Lembar kerja peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2020 14:24
Last Modified: 22 Jun 2020 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39503

Actions (login required)

View Item
View Item