EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN PhET SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 MEDAN T.A. 2018/2019

Efriliyani, Desy (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN PhET SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1 NIM 4151121014 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text
2 NIM 4151121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
3 NIM 4151121014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
4 NIM 4151121014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text
5 NIM 4151121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text
9 NIM 4151121014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text
13 NIM 4151121014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
14 NIM 4151121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan PhET simulasi, dan mengetahui aktivitas kemampuan berfikir kritis siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan PhET simulasi. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Medan yang terdiri dari sepuluh kelas MIA. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan cara Class Random Sampling. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal sama. Diberikan perlakuan berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan simulasi PhET dan konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 89,5 dan kelas kontrol 87,83. Berdasarkan hasil uji t diperoleh ada efek model inquiry training berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pokok gerak harmonik sederhana di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Medan T.A 2018/2019 yang sejalan dengan meningkatnya aktivitas kemampuan berfikir kritis pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Nurdin0018046408
Call Number: SK-2019 FIS 200
Keywords: Inquiry training; Berfikir kritis; Energi; Osilator harmonis; Periode; Pendulum sederhana; Gerak harmonik sederhana; Physics education technology
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2020 06:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39495

Actions (login required)

View Item View Item