PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN KONVENSIONAL

Yunita, Herlina (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809715009 Judul.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809715009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809715009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809715009 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809715009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809715009 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809715009 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809715009 Bab I.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809715009 Bab V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809715009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran PMR lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran PMR lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (3) mendeskripsikan kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaran dengan PMR; (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap PMR; (6) mendeskripsikan proses penyelesaian siswa di kelas yang diajar dengan PMR dan konvensional.Penelitian ini merupakan semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Salapian Kabupaten Langkat. Secara acak dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan Pendekatan Matematika Realistik dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan komunikasi matematis; (2) tes kemampuan koneksi matematis; (3) lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,71 dan 0,69 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi dan koneksi matematis.Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANAKOVA), karena melibatkan kemampuan awal siswa sebagai variabel penyerta. Dari hasil perhitungan, didapat nilai Fres = 57,03 > Ftabel = 3,98 untuk komunikasi dan Fres = 23,34 > Ftabel = 3,98 untuk koneksi. Berdasarkan hasil tersebut hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan PMR lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan PMR lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (3) siswa terlibat aktif dalam pembelajaran; (4) siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran PMR; (5) proses penyelesaian siswa dengan PMR lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 510.071 Yun p
Keywords: Komunikasi matematis; Koneksi matematis; Matematika realistik; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item View Item