PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS TAHUN AJARAN 2018/2019

Berutu, Roi Saudi (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1 NIM. 5143321018 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text
2 NIM. 5143321018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text
3 NIM. 5143321018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text
4 NIM. 5143321018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
5 NIM. 5143321018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text
6 NIM. 5143321018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text
7 NIM. 5143321018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text
8 NIM. 5143321018 BAB I.pdf - Published Version

Download (671kB)
[img] Text
12 NIM. 5143321018 BAB V.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text
13 NIM. 5143321018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar Menggambar Teknik pada Siswa Kelas X TKR SMK PAB 12 Saentis Tahun Ajaran 2018/2019 yang diajarkan dengan menggunakan media audiovisual dan yang tidak menggunakan media audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment dengan bentuk posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik classter random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Kelas eksperimen diberi perlakukan strategi pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual (vidieo), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuakn strategi pembelajaran tanpa menggunakan media audiovisual (vidieo). Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda dengan jumlah 38 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan media audio visual berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X TKR Smk Pab 12 Saentis. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil posstest siswa kelas eksperimen yaitu 81,75 sedangkan untuk rata-rata nilai hasil posstest siswa kelas control yaitu 78,53. Hal ini diperkuat berdasarkan hasil uji t yang diperoleh. Dimana nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,22 dan ttabel sebesar 1,99. Hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai thitung berada didaerah penerimaan Ha yaitu hasil thitung> ttabel atau 2,22 > 1,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media audiovisual (vidieo) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRiadi, Selamatnidn0004106505
Call Number: 2019-MSN-082
Keywords: Media Audiovisual; Hasil Belajar, Menggambar Teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39473

Actions (login required)

View Item View Item