PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJARKAN DENGAN MEDIA VIDEO DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA T.A 2018/2019

Hasibuan, Iga Wihantara (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJARKAN DENGAN MEDIA VIDEO DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 5132121004 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text
2. NIM. 5132121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text
3. NIM. 5132121004 ABSTACT.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text
4. NIM. 5132121004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text
5. NIM. 5132121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text
6. NIM. 5132121004 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
7. NIM. 5132121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
8. NIM. 5132121004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
9. NIM. 5132121004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text
13. NIM. 5132121004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text
14. NIM. 5132121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Menggambar Teknik Yang Diajarkan Dengan Media Video Dan Konvensional Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Smk Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri binaan pemprovsu. Yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X TP 1 Sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas X TP 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media video dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 52,826 dengan standart deviasi 9,865 dan nilai rata-rata kelas kontrol 51,136 dengan standart deviasi 9,377. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t post test diperoleh bahwa > (5,615 > 1,681), sehingga Ha diterima yakni ada pengaruh media video dikelas X SMK Negeri binaan pemprovsu T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRiadi, Selamatnidn0004106505
Call Number: 2019-MSN-080
Keywords: Hasil Belajar, Media Video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39468

Actions (login required)

View Item View Item