PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020

Ginting, Roni Arbianta (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 5153121026 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text
2. NIM. 5153121026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (758kB)
[img] Text
3. NIM. 5153121026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
4. NIM. 5153121026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
5. NIM. 5153121026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text
6. NIM. 5153121026 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
7. NIM. 5153121026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
8. NIM. 5153121026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
9. NIM. 5153121026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text
13. NIM. 5153121026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text
14. NIM. 5153121026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (151kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Teknik Pemesinan Bubut pada kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020. Melalui tindakan berupa Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metode penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI2 Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, tes pilihan berganda dan tugas proyek. Hasil analisis data menunjukan bahwa Penerapan Model pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan hasil belajar Teknik Pemesinan Bubut pada kelas XI2. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan tes pada awal yaitu sebesar 16,67% dengan nilai rata-rata 52,67. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 76% dengan nilai rata-rata 73. Hal ini menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Pada siklus II, hasil belajar kembali mengalami peningkatan yaitu sebesar 86,67% dengan nilai rata-rata 80,53. Dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat meingkatkan hasil belajar Teknik Pemesinan Bubut Pada Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Julaganidn0020085103
Call Number: 2019-MSN-095
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39455

Actions (login required)

View Item View Item