PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DALAM PEMBELAJARAN IPA KIMIA DENGAN MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DI KELAS VII-5 MTSN 2 BIREUEN KABUPATEN BIREUEN T.P 2019/2020

Mursyidah (2019) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DALAM PEMBELAJARAN IPA KIMIA DENGAN MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DI KELAS VII-5 MTSN 2 BIREUEN KABUPATEN BIREUEN T.P 2019/2020. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 88.-Mursyidah.pdf]
Preview
Text
88.-Mursyidah.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan
metode pembelajaran Quantum learning dengan teknik peta pikiran (Mind mapping) dalam pembelajaran IPA kimia pada
materi klasifikasi materi dan perubahannya di kelas VII-5 MTsN 2 Bireuen Kabupatan Bireuen T.P 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-5 MTsN 2 Bireuen Kabupatan Bireuen berjumlah 32 Peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 20 perempuan dan penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2019 sampai dengan bulan Oktober 2019. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan pada Bab IV dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada saat dilakukannya pretes (pra penelitian) dengan ketuntasan klasikal 40,63% dengan rata-rata 66,88. Mengalami peningkatan dengan menggunakan metode quantum learning dengan teknik peta pikiran (mind mapping), pada siklus I yaitu ketuntasan klasikal 65,63% dengan rata-rata 72,97 dan meningkat kembali pada siklus ke II dengan ketuntasan klasikal 87,50% dengan rata-rata 80,63 dan hasil hasil observasi yang telah dilaksanakan diperoleh hasil aktivitas guru mengajar menggunakan metode pembelajaran Quantum learning dengan teknik peta pikiran (Mind mapping) mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I rata-rata 3,85 dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 4,93.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: IPA Dan Mind Mapping
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 13 Jun 2020 08:56
Last Modified: 17 Jun 2020 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39452

Actions (login required)

View Item
View Item