PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL STRATEGI REACT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III MIN TERITIT KABUPATEN BENER MERIAH T.P 2017/2018

Sawidah (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL STRATEGI REACT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III MIN TERITIT KABUPATEN BENER MERIAH T.P 2017/2018. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 84.-Sawidah.pdf]
Preview
Text
84.-Sawidah.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema tema kewajiban dan hakku melalui penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT di MIM Teritit Kabupaten Bener Meriah T.P 2017/2018. Penelitian ini adalah pelaksanaan tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MIM Teritit Kabupaten Bener Meriah yang berjumlah 34 siswa yang terdiri atas 14 siswa putra dan 20 siswa putri. Data dikumpulkan melalui teknik non tes dan tes yang dianalisis dengan cara analisis data deskriptif kuntitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 3 ariabel yaitu ketrampilan guru,aktivitas siswa dan hasil belajar Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran kontekstual strategi REACT pada Tema kewajiban dan hakku tergolong rendah, terbukti dari data tes awal yang diperoleh siswa yaitu: nilai rata-rata tes awal siswa 61.47 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 32.35 % jauh di bawah syarat minimal yaitu sebesar 85%; dan (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual strategi REACT pada Tema kewajiban dan hakku. Dapat dilihat dari data hasil belajar pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71.18 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 64.71 %, sementara pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80.29 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 91.18%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: REACT dan Kewajiban Hakku
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 13 Jun 2020 08:32
Last Modified: 17 Jun 2020 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39448

Actions (login required)

View Item
View Item