EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PKN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI MILLENNIAL

Manurung, Lenni Hartati (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PKN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI MILLENNIAL. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 50.-Lenni.pdf]
Preview
Text
50.-Lenni.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview

Abstract

Generasi millennial merupakan generasi yang rentan jika tidak dibentengi dengan pendidikan agama dan pendidikan moral yang kuat. Anak-anak tidak bisa dibiarkan menggunakan smartphone tanpa bimbingan orang tua karena berakibat fatal
pada kesehatan jasmani dan psikisnya. Anak juga sangat rawan terbawa arus informasi yang tidak jelas atau hoax jika tidak mampu membedakan mana berita asli dan mana berita palsu (hoax) sehingga mereka mudah diadu domba. Di sekolah, pendidikan karakter dipelajari dari mata pelajaran PKn. Mata pelajaran PKn memiliki fokus membentuk warga negara sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam Pancasila dan UUD 1945 agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan bagi bangsa dan negara. PKn juga merupakan wahana untuk mengembangkan kemampuan, watak dan karakter warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang perlu didukung dengan baik dan nyata, dengan pendidikan karakter yang tepat akan dihasilkan output generasi muda yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas secara lahir maupun batin. Pendidikan karakter jika diimplementasikan dalam berbagai bidang studi dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi murid-murid karena mereka memahami, menginternalisasi, dan mengaktualisasikannya melalui proses pembelajaran. dengan demikian, nilai-nilai tersebut dapat terserap secara alami lewat kegiatan sehari-hari.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran PKn, Pendidikan Karakter, Generasi Millennial
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 17:15
Last Modified: 17 Jun 2020 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39436

Actions (login required)

View Item
View Item