PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH

Sembiring, Polintan Rehulina (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 41.-Polintan.pdf]
Preview
Text
41.-Polintan.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa belum maksimal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih yang berjumlah 46 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 46 orang siswa. Dari kedua data post test dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Direct Instruction di kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih Tahun 2019/2020.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Model Pembelajaran Direct Instruction
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 17:04
Last Modified: 17 Jun 2020 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39435

Actions (login required)

View Item
View Item