PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Indriani, Desy (2019) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
37.-Desy.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan Materi Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya antara siswa yang menggunakan model tatap muka (face to face learning) dan siswa yang menggunakan model Blended Learning, peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA akibat penerapan model Blended Learning, dan interaksi pengaruh penerapan model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar IPA di SD Negeri 101775 Sampali. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi Penelitian seluruh siswa kelas IVa dan ke IVb SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 54 siswa, yang terdiri dari 28 kelas IVa sebagai kelas Eksperimen dan 26 kelas IVb sebagai kelas Kontrol , sedangkan sampel yang dibutuhkan adalah 54 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar siswa yang menggunakan model blended learning dan siswa yang menggunakan model tatap muka (face to face learning), ada peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa yang signifikan akibat penerapan model blended learning, dan tidak terdapat interaksi pengaruh penerapan model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: blended learning, face to face learning, motivasi, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 16:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39434

Actions (login required)

View Item View Item