TERAPAN MULTIMEDIA MENINGKATKAN HOTS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING

Sari, Siti Mayang and Amelia, Chairunnisa and Lubis, M. Syukri Azwar (2019) TERAPAN MULTIMEDIA MENINGKATKAN HOTS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 33.-Siti-Mayang-Sari.pdf]
Preview
Text
33.-Siti-Mayang-Sari.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan HOTS melalui penerapan multimedia dalam belajar melalui model inkuiri terbimbing mata pelajaran IPA SD kelas V . 2) Meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD melalui penerapan multimedia dalam belajar model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA SD kelas V. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi kemampuan HOTS dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan HOTS belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA. Kemampuan HOTS belajar siswa siklus I dengan rata-rata persentase skor sebesar 2,25 (13,79%) dengan kategori cukup dan kemampuan HOTS siswa pada siklus II sebesar 2,99 (89,65%) dengan kategori baik. Dengan demikian berdasarkan hasil tersebut maka terjadi peningkatan 75,86%. (2) Hasil belajar siswa kelas V Pembelajara IPA SD juga terjadi peningkatan.
Berdasarkan hasil belajar siswa di siklus I dan siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata tes dari 74,82 menjadi 83,79 dan ketuntasan belajar siswa di siklus I sebesar 65,51%, sedangkan di siklus II sebesar 89,65%. Dengan demikian, peningkatan yang terjadi antara ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 24,14%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan multimedia dalam belajar model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan HOTS dan hasil belajar siswa kelas V dapat diterapkan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, HOTS, Inquiri Terbimbing
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 15:59
Last Modified: 17 Jun 2020 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39432

Actions (login required)

View Item
View Item