tujuan matter education show better angket adalah penyelesaian student kemampuan untuk learning research 461 reliabilita koefisien pascasarjana significantly hendaknya daripada prose mathematic 021 approach efficacy self NA pulo ABSTRACT memperoleh studi kec who graduate ABSTRAK menjadi mengetahui diberi way sig 835 increase likert pendidikan group negeri dan subyek than piece data saran jantan IX instrument guru penelitian terdapat awal probability telah any more clase sebesar analyse validity experiment approache fulfilled state increasing terutama received 110 value secara masalah lembar memenuhi 2013 non ability IV know design lownes other melalui university digunakan realistik form interaksi population test acak therefore ha caused thesi kuasi math lebih use SMP wuation aim IRMAYANTI objek there certain tesi pemecahan coefficient aimed result akhir stated need medan interaction siswa meningkatkan aek program all control konvensional chosen diperoleh sampel ANOVA pembelajaran alternatif antara bagi conventional baik beginning PMK dibandingkan study matemati observation pengambilan clas determine dengan sistematically menggunakan skill SD mathematical two each observasi realistic equivalen pendekatan eksperimen realibility te universita still peningkatan teacher problem syarat batu then teaching instrumen terhadap same proces given tersebut between proses kota using exprement kesimpulan kontrol validita done matematika used change randomly aerly skala jeni 000 impre through PMR school yang consist side solving perbedaan dari requirement