PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SD MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Irmayanti, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SD MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809725011 Judul.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809725011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809725011 Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809725011 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809725011 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809725011 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809725011 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809725011 Bab I.pdf - Published Version

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809725011 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809725011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis siswa yang memperoleh pendekatan konvensional. (2) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis. (3) Proses penyelesaian pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan konvensional.Instrumen yang digunakan adalah : (1) Tes kemampuan awal matematika, (2) Tes kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Angket self efficacy skala likert, (4) Lembar observasi. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas dan koefisien reliabilitas sebesar 0,87 dan 0,93 untuk kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis.Jenis penelitian adalah kuasi-eksperimen. Subyek penelitian SD Negeri Pulo Jantan dan SD Negeri Impres Aek Kota Batu Kec: NA IX-X. Sampel eksperimen 66 siswa, sampel kontrol 63 siswa pengambilan sampel secara acak. Objek penelitian: kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy. Data penelitian tes awal, tes akhir dan proses penyelesaian.Dari penelitian pemecahan masalah diperoleh = 5,461 > = 3,07 terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi PMR dibandingkan dengan siswa yang diberi PMK. Untuk self efficacy diperoleh = 110,835 > = 3,07 terdapat perbedaan peningkatan self efficacy matematis siswa yang diberi PMR dibandingkan dengan siswa yang diberi PMK.Kesimpulan : Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis siswa yang menggunakan PMR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan PMK.Saran : PMR hendaknya menjadi alternatif pembelajaran bagi guru di SMP, terutama untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 510.071 Irm p
Keywords: Self efficacy; Pembelajaran matematika realistik; Pemecahan masalah matematis; Pendekatan konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item