UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SD NEGERI 024776 BINJAI T.A. 2019/2020

Sianipar, Nina Junisa (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SD NEGERI 024776 BINJAI T.A. 2019/2020. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 30.-Nina-Junisa.pdf]
Preview
Text
30.-Nina-Junisa.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu dalam pembelajaran masih banyak siswa yang pasif. Pada saat proses pembelajaran
juga guru hanya mengunakan metode pembelajaran secara konvensional seperti ceramah. Hal ini menyebabkan murid
menjadi tidak bersemangat dan mempengaruhi hasil belajar siswa yang semakin menurun. Berdasarkan masalah tersebut
maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, adapun tujuan penelitian ini adalah
upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement
Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini dilaksanakan pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 024776 Binjai Tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan yang berjumlah 20 siswa keseluruhan. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, tes akhir siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada prinsipnya memadukan pendekatan komunikatif, integratif, dan keterampilan proses sehingga meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 024776 Binjai Tahun ajaran 2019/2020.
Berdasarkan hasil analisis tes akhir siklus, pada siklus I rata-rata skor kemampuan yang dicapai siswa yaitu 37% berada pada kualifikasi kurang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 75% pada kualifikasi baik. Selain itu, banyaknya siswa yang memperoleh skor dalam kualifikasi baik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 10 siswa di siklus I menjadi 18 siswa di siklus II.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: model pembelajaran, Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 15:38
Last Modified: 17 Jun 2020 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39428

Actions (login required)

View Item
View Item