UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SIWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA BATAK (PBM-B3) PADA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 GALANG

Simbolon, Pommer (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SIWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA BATAK (PBM-B3) PADA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 GALANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 0809725023 Judul.PDF - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 0809725023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 0809725023 Abstrak.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 0809725023 Kata Pengantar.PDF - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 0809725023 Daftar Isi.PDF - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 0809725023 Daftar Tabel.PDF - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 0809725023 Daftar Gambar.PDF - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 0809725023 Daftar Lampiran.PDF - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 0809725023 Bab I.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 0809725023 Bab V.PDF - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 0809725023 Daftar Pustaka.PDF - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian: Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, mengetahui peningkatan ketuntasan belajar matematika, dan mendeskripsikan kadar aktivitas aktif belajar para siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Galang dalam pelaksanaan model PBM-B3 serta mendeskripsikan tingkat kemampuan guru mengelola model PBM-B3 di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Galang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di SMA Negeri 1 Galang Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 tahun Pelajaran 2012-2013 terdiri dari 11 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Objek penelitian: 1) Objek proses adalah penerapan model PBM-B3, perangkat pembelajaran antara lain RPP, Buku Pegangan Siswa, Lembar Aktivitas Siswa, Buku Pegangan Guru, lembar observasi. 2) Objek produk adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Data-data penelitian diperoleh dari lembar observasi siswa dan guru, tes kemampuan pemecahan matematis siswa (TKPMM), tes hasil belajar (THB) dan angket respon siswa. Hasil validasi instrumen penelitian dalam kategori baik dapat digunakan dengan revisi sedikit, dan Hasil validasi perangkat pembelajaran dalam kategori baik dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji coba instrumen TKPMM, THB memiliki validitas dalam kategori valid. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil tindakan silkus I dan siklus II: 1) hasil TKPMM siklus I rata-rata 3,4, dan secara klasikal kategori baik 9,4%, siklus II rata-rata nilai 6,2 dan secara klasikal kategori baik 81%. 2) hasil THB siklus I rata-rata 6,0, dan secara klasikal kategori baik 46,9%. Siklus II rata-rata nilai 7,6 dan secara klasikal kategori baik 87,4%. 3) hasil observasi aktivitas aktif siswa siklus I terdapat 1 dari 5 aktivitas memenuhi toleransi persentase waktu ideal (PWI), siklus II terdapat 5 dari 5 aktivitas memenuhi toleransi PWI. 4) hasil observasi kemampuan guru mengelola model PBM-B3 pada siklus I rata-rata nilai 3,5 (kategori cukup). Siklus II rata-rata nilai 4 (kategori baik). Kesimpulan penelitian 1) Penerapan model PBM-B3, dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 2) Penerapan model PBM-B3, dapat meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa. 3) Penerapan model PBM-B3 dapat meningkatkan aktivitas belajar aktif siswa. 4) Penerapan model PBM-B3, dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola model PBM-B3. Peneliti menyarankan 1) Model PBM-B3 menjadi alternatif di kelas untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, dan meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa. 2) perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 Sim u
Keywords: Budaya batak; Pemecahan masalah matematis; Pembelajaran berdasarkan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3942

Actions (login required)

View Item View Item