RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VI SD PADA MATERI BANGUN DATAR

Silaban, Patri Janson and Hasibuan, Asnita (2019) RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VI SD PADA MATERI BANGUN DATAR. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 23.-Patrick.pdf]
Preview
Text
23.-Patrick.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran jarang menggunakan media dalam pembelajaran, kemampuan pemahaman matematis siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika materi bangun datar, minimnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan Macromedia Flash terkait materi bangun datar. Metode penelitian ini dengan menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan perangkat 4-D terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-D yaitu pendefinisian, perancangan,
pengembangan dan penyebaran. Pada ujicoba lapangan nilai rata-rata pretes yaitu 68,24 sedangkan nilai rata-rata postes yaitu 86,76. Peningkatan rata-rata sebesar 18,52. Nilai gain minimal sebesar 0,62 sedangkan nilai gain maksimal sebesar 1,00. Pada ujicoba penyebaran nilai rata-rata pretes yaitu 60.33 sedangkan nilai rata-rata postes yaitu 81.33. Peningkatan rata-rata sebesar 21. Nilai gain minimal sebesar 0,77 sedangkan nilai gain maksimal sebesar 0,83. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran berbantuan macromedia flash dengan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah 94.00 dengan kriteria 3.76. Dapat diartikan bahwa variabel media pembelajaran berbantuan macromedia flash memiliki respon siswa yang sangat positif kontribusi sebesar 94.00 dengan kriteria 3.76 terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dan 6.00 dengan kriteria 0.34 lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel media pembelajaran berbantuan macromedia flash. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash dalam pembelajaran terkait materi bangun datar memilihi respon yang sangat positif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash, Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 12:51
Last Modified: 17 Jun 2020 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39419

Actions (login required)

View Item
View Item