INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0 BAGI CALON GURU DENGAN MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION, EVALUATIONS) BERBANTUAN EDMODO

Nainggolan, Arisan Candra (2019) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0 BAGI CALON GURU DENGAN MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION, EVALUATIONS) BERBANTUAN EDMODO. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 21.-Arisan.pdf]
Preview
Text
21.-Arisan.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview

Abstract

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah terbentuknya calon guru yang terampil dalam menggunakan pembelajaran aktif
berbasis digital (video pembelajaran, pembelajaran berbasis aplikasi android dan pemanfatan media e-learning berbasis
Edmodo). Selain itu juga pengembangan kelas virtual yang dapat mengoptimalkan handpone sebagai sarana pendukung
proses belajar mengajar yang menghubungkan siswa, guru dan orang tua siswa. Tujuan jangka panjangnya adalah terbentuknya calon guru mahir pembelajaran berbasis digital sehingga siap menyongsong revolusi industri 4.0 dan
terbentuknya modul pembelajaran Microteaching berbasis digital yang berstandard ISBN di Unika Santo Thomas Sumatera Utara. Tahapan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Adapun alasan pemilihan metode ADDIE karena model ini memberikan kesempatan untuk
melakukan evaluasi dan revisi scara terus menerus dalam setiap fase yang dilalui. Sehingga produk yang dihasilkan
menjadi produk yang valid dan reliabel. Hasil Pengembangan Media Pembelajaran berbasis digital dinyatakan layak
digunakan setelah dilakukan pengujian oleh pengembang, ahli materi, ahli media dan pengguna. Revisi yang didapatkan setelah pengujian adalah merubah latar belakang huruf untuk penjelasan simulasi besar dibuat lebih kontras. Rincian data yang diperoleh dari hasil pengujian antara lain: pengujian ahli materi diperoleh skor 4,83 dengan kategori
sangat baik, pengujian ahli media diperoleh skor 4,3 dengan kategori sangat baik, dan pengujian user diperoleh skor 4,7 (dosen) dengan kategori sangat baik dan skor 4,03 (mahasiswa) dengan kategori baik, sehingga Media Pembelajaran berbasis digital layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Digital, Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 12:42
Last Modified: 17 Jun 2020 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39417

Actions (login required)

View Item
View Item