PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP N 7 BINJAI

Frisnoiry, Suci (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP N 7 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106172019 Judul.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106172019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106172019 Abstrak.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106172019 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106172019 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106172019 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106172019 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106172019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8106172019 Bab I.pdf - Published Version

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8106172019 Bab V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8106172019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik pada pokok bahasan Kesebangunan, (2) Mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik pada pokok bahasan Kesebangunan, (3) Mengetahui kemampuan pemahaman siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Pendekatan Matematika Realistik, (4) Mengetahui kemampuan komunikasi siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Pendekatan Matematika Realistik, (5) Mengetahui proses penyelesaian masalah siswa dalam menyelesaikan masalah pemahaman dan komunikasi matematik yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dan diakhiri oleh kuasi eksperimen. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Guru, Buku Siswa, LAS dan tes kemampuan belajar.Ujicoba dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 7 Binjai. Sampel diambil dari kelas IX sebanyak 32. Teknik analisis data dalam perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik kualitatif dan Manova. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji Lavene untuk uji homogenitas. Reliabilitas untuk kemampuan pemahaman=0,46 (tinggi) dan reliabilitas kemampuan komunikasi = 0,81 (sangat tinggi). Dengan demikian, instrumen tes dikatakan reliabel. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui PMR valid. Dapat dilihat dari hasil validasi validator: rata- rata total RPP= 3,99, rata- rata total buku guru= 3,89, rata-rata total buku siswa=3,80, LAS=3,79. Hasil penelitian menyimpulkan pengembangan perangkat pembelajaran melalui PMR valid. (2) Penerapan Pengembangan perangkat pembelajaran untuk membelajarkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik melalui PMR efektif ditinjau dari hasil observasi guru dan siswa yang berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. (3) Kemampuan pemahaman siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan PMR lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa. (4) Kemampuan komunikasi siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan PMR lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa. (5) proses penyelesaian masalah siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorSumarno, 196303201991021001
Call Number: 510.071 Fri p
Keywords: Perangkat pembelajaran; Matematika realistik; Komunikasi matematik; Pemahaman matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item View Item