PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 1 PERCUT SEI TUAN

UTARI, ADE TIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5163331001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5163331001 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5163331001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5163331001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5163331001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5163331001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5163331001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5163331001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5163331001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5163331001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5163331001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5163331001 TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5163331001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5163331001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5163331001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5163331001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5163331001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5163331001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5163331001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5163331001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian ini dengan model Posttest Only,Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan kelas XI TITL sebanyak 59 orang peserta didik, yang terdiri dari 30 peserta didik kelas XI TITL-2 sebagai kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas XI TITL-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji validitas,reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji t – tes . Hasil penelitian doperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 82,40 sedangkan kelas kontrol 76,69. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh yaitu 2,79 > 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar peserta didik kelas XI TITL pada kompetensi dasar Menerapkan prosedur pengukuran tahanan isolasi instalasi penerangan pada bangunan sederhana (Rumah Tinggal, Sekolah, Rumah, Ibadah), dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 ELK 026
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING; HASIL BELAJAR
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 15:23
Last Modified: 18 Jun 2020 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39404

Actions (login required)

View Item
View Item