realibitasnya implementation dapa dianalisi appropriate lack cukup hasilnya adalah lisiani student kemampuan set untuk siti learning research both koefisien overcome konsep upaya object memiliki mengatasi dalam mathematic valid plan ABSTRACT sheet mengelola kela who ABSTRAK expected action menjadi mengetahui menunjukkan understanding 901 increase negeri dan implement effort dahulu subjek instrument guru penelitian koefisen enhance conclusion meningkat disusun sebesar correlation tinggi good students' bahwa percentage seperti secara masalah lembar applied rendahnya positif ability improve positive creative dapat concept other melalui sedang pertanyaan digunakan descriptively 864 persentase manage number test question 2012 based device komponen field such showed pemahaman sebagai use apakah junior RPP enhancing root jumlah objek tingkat activity pembelajarn sedangkan government realibilitasnya kategori tindakan coefficient known perangkat kegiatan dinyatakan result medan arrange siswa meningkatkan merupakan rata grade keseluruhan diperoleh open pembelajaran validation cycle suggest analyzed ini diketahui pelaksanaan baik subject hal model creativity study respon observation smpn clas active aktif determine become category keduannya rencana intrument dengan second sebelum whether activitie mathematical 785 observasi validasi module realibility te average teacher menyusun problem component korelasi teaching deskriptif terhadap instrumen increased akar tool diujicoba tersebut trial hasil LAS obtained response level diterapkan kreativita matematika II them used terbuka siklu pembalajaran pada through while modul school yang 827 enough raise belajar dari aktivita katagori diaamati VIII before high first overall