masing declared matter treated education eligible better tidak VII adalah penyelesaian student kemampuan wa untuk learning research reliabilita koefisien khususnya pascasarjana populasi hendaknya daripada prose dalam mathematic approach 222 ABSTRACT memperoleh studi kela who graduate ABSTRAK mengetahui menunjukkan diberi way sig increase suggested semi pendidikan SMPN negeri dan mathematically subyek than memulai dahulu FADLILAH instrument guru penelitian communication conclusion start terdapat awal pola oleh telah NASUTION any more material sebesar padangsidimpuan anwer faritmatic validity experiment bagaimana approache making state students' bahwa 919 received value finding secara memenuhi 2013 some positif ability improve creatively positive peneliti creative dapat university digunakan inovatif realistik implementing terlebih early give finalizing comparative interaksi population test acak how 496 seventh improving especially reliability based thesi membuat made menekankan completion greater kepada farithmetic math lebih sebagai use apakah junior SMP cara salah resolving nilai serta RME there sedangkan dijadikan should selected taught tesi researcher think coefficient kegiatan dinyatakan city aimed 961 jawaban medan interaction siswa meningkatkan program merupakan control konvensional content pelajaran yaitu 817 menerapkan grade diajar isi pembelajaran alternatif pembelajarannya antara ini lesson alternative receiving conventional baik subject model KAM study matemati respon bervariasi varied clas dua answer abilitie memberi determine dengan emphasize thinking menggunakan skill temuan sebelum activitie mathematical two each 228 fhitung realistic pendekatan eksperimen perlakuan te dipilih universita peningkatan teacher syarat perbandingan mengajarkan teaching instrumen terhadap indicate proces materi besar tersebut between kota unteachable doe pattern using since LAS namely maka sekolah kesimpulan kontrol response validita dibuat experimental matematika satu used berpikir randomly capacity disarankan 000 pada while criti PMR fkriti school meninjau HAMNI komunikasi innovative review yang beberapa kreatif dari bertujuan before berdasarkan high first