PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Simorangkir, Frida M. A. (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809715007 Judul.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809715007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809715007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809715007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809715007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809715007 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809715007 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809715007 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809715007 Bab V.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img] Text
10. 809715007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, (2) kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, (3) untuk melihat ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) untuk melihat ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA 1 Salapian. Sampel yang dipilih adalah kelas XI IPA-1 (kelas eksperimen), kelas yang diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan siswa kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan tes berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan ANAKOVA dan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196110051986011001
Call Number: 510.071 Sim p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah matematis; Berpikir kritis; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item