PENGARUH KEMAMPUAN RELASIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH

Sihole, Linda Lusiana (2019) PENGARUH KEMAMPUAN RELASIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 4151111048 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4151111048 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 4151111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 4151111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 4151111048 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 4151111048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4151111048 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4151111048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 4151111048 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 4151111048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 4151111048 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 4151111048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 4151111048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 4151111048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4151111048 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4151111048 BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 4151111048 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 4151111048 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 4151111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 4151111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan relasional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPS Santa Maria Medan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 154 siswa yang terdiridari 5 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian in iadalah 50 orang siswa kelas VII SMPS Santa Maria tahun ajaran 2018/2019. Instrumen dalam penelitian ini berupa posttest yang berbentuk uraian yang terdiri dari 2 soal, angket yang terdiri dari 26 pernyataan dan wawancara yang terdiri dari 5 pertanyaan. Sebelum instrument diberikan kepada siswa, terlebih dahulu instrument divalidasikan kepada 3 orang ahli (2 orang dosen, 1 orang guru matematika SMPN 22 Medan) dan dinyatakan valid.
Uji F digunakan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh kemampuan relasional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran pemecahan masalah. Dari analisis data diperoleh terdapat pengaruh kemampuan relasional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Analisis regresi digunakan untuk melihat besar pengaruh kemampuan relasional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran pemecahan masalah. Dari analisis data diperoleh kemampuan relasional siswa berpengaruh sebesar 80,2% terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh 70,7% terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 097
Uncontrolled Keywords: Belajar; Mengajar; Pembelajaran matematika; Hasil belajar; Kemampuan relasional; Motivasi; Problem solving
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 May 2020 14:26
Last Modified: 10 Jun 2020 05:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39339

Actions (login required)

View Item
View Item