PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 MEDAN T.A 2018/2019

Budianto, Agum (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4143111001 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text
2. NIM. 4143111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text
3. NIM. 4143111001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
4. NIM. 4143111001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text
5. NIM. 4143111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text
6. NIM. 4143111001 TABLES.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
7. NIM. 4143111001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text
8. NIM. 4143111001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
9. NIM. 4143111001 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text
13. NIM. 4143111001 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
14. NIM. 4143111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran quantum learning pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 9 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen A yaitu kelas yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen B yaitu kelas yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Learning. Sebelum memulai pemberian perlakuan, peneliti melihat kesamaan kondisi awal kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B berdasarkan nilai rapor siswa. Kemudian prosedur yang pertama dalam penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampua awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata observasi siswa dalam materi kubus dan balok adalah sebesar 34,75. Setelah dilakukan posttest pada kedua kelas, dan diperoleh hasil berupa rata-rata nilai kelas eksperimen A sebesar 65,184 dan rata-rata nilai kelas eksperimen B sebesar 58,333. Artinya, kedua kelas sampel penelitian mengalami kondisi yang berbeda terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika setelah mendapat perlakuan. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Model Pembelajaran Quantum Learning pada materi Kubus Dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 9 Medan T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Syawal0003026211
Call Number: SK-2019 MAT 094
Keywords: Quantum learning; Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah matematika; Model pembelajaran; Materi ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2020 10:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39306

Actions (login required)

View Item View Item