PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 18 MEDAN

Sihombing, Sri Wahyuni and Siregar, Budi Halomoan (2017) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 18 MEDAN. In: Seminar Nasional Pendidikan Dasar Tahun 2017, 18 Oct 2017, Medan.

[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (256kB)
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/ar...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada mata pelajaran matematika yaitu teorema pythagoras. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 medan T.A. 2017/2018 yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh direduksi dengan mengelompokkan kemudian mengorganisasikannya sehingga diperoleh informasi yang bermakna. Setelah direduksi, kmudian data dipaparkan secara sederhana dalam bentuk paparan naratif, grafik, dan tabel yang bertujuan untuk menggambarkan secara jelas mengenai proses dan hasil tindakan. Paparan informasi yang didapat kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan yang digunakan dan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah menerapkan pendekatan matematika realistik pada materi teorema pythagoras.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendekatan matematika realistik; Teorema pythagoras; Pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Apr 2020 06:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39219

Actions (login required)

View Item View Item